Cari Blog Ini

Jumat, 23 Oktober 2009

PROPOSAL IDUL QURBAN 1430 H

Nomor           :  10/DKM/X/2009
Lampiran       :  01 (satu) berkas proposal
Perihal           :  Penyaluran Hewan Qurban di Masjid Al - Kautsar


Kepada Yth.

Kaum Muslimin & Muslimat

di Tempat



Assalaamu ‘alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Alhamdulillah, shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan bagi Penghulu para Nabi dan Rasul, Imam para Mujahid, Rasulullah Muhammad SAW, juga bagi keluarga dan para sahabat ra., serta para penerus risalah da’wah Islam yang istiqamah hingga hari Akhir.

Sehubungan dengan akan datangnya Hari Raya Iedul Adha yang identik dengan Hari Raya Qurban, 10 Dzulhijjah 1430 H, maka pada kesempatan ini kami mengajak kaum muslimin dan muslimat yang berniat untuk berqurban, untuk berkenan menitipkan penyaluran hewan qurban di Masjid Al – Kautsar ( PT Internusa Keramik Alamasri ).
 Untuk lebih jelasnya, kami lampirkan proposal singkat yang dapat dipelajari, sehingga Bapak/Ibu dapat bersiap-siap mulai dari sekarang saat ini.

Demikian kiranya surat penawaran ini kami sampaikan. Untuk segala perhatian dan perkenannya, kami haturkan terimakasih yang sebesar-besarnya, semoga Allah SWT membalas segala kebaikan hati kita dengan balasan yang lebih baik dari sisi-Nya. Amien. Jazaakumullaahu khairan katsiiraa.

Wassalaamu ‘alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.


Tangerang, 13 Oktober 2009 M / 23 Syawal 1430 H
Panitia Iedul Qurban




Sukisno                          J a j a
    Ketua                                                   Sekretaris


Mengetahui



Abu Asyirin                        Hartawan
Ketua DKM Al – Kautsar                    Pembina


Tembusan :
- Dewan Pembina
- Arsip




PROPOSAL QURBAN IDUL ADHA 1430 H


I. PENDAHULUAN


Hari Iedul Adha adalah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).” (QS. Al Hajj : 34)

”Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rezki dan membagi rezki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhuafa).

Qurban, berasal dari kata Qaroba, artinya mendekatkan diri. Dalam konteks ketauhidan, tidak ada Dzat/tempat yang patut untuk kita mendekatkan diri, kecuali hanya kepada Allah SWT.

     Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.

     Ibadah Qurban juga memiliki keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Allah SWT. Amalan yang paling dicintai Allah pada hari Raya Iedul Adha adalah hewan qurban. Rasulullah SAW bersabda:

     “Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)

     “Barang siapa yang memiliki kelapangan (kecukupan harta) tetapi Ia tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat Kami.” (HR Hakim dari Abu Hurairah)











II. BENTUK KEGIATAN

   1. Mengumpulkan dana hewan qurban
   2. Penyembelihan hewan qurban.
   3. Mendistribusikan daging qurban kepada yang berhak menerimanya
   4. Pendokumentasian per hewan qurban sesuai nama pequrban dan pelaporan.

III. PENDAFTARAN

Untuk informasi dan pendaftaran hubungi : Sekretariat DKM Al – Kautsar  ( Jaja )
telp.     021-5913209 ext 189
0852 852 33 889


V. TARGET PENYALURAN

Insya Allah hewan-hewan qurban akan didistribusikan ke karyawan PT In – Group dan masyarakat sekitarnya, yang merupakan jangkauan area dakwah Masjid Al - Kautsar.

VI. PENUTUP

Dengan penuh tulus ikhlas semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Allah SWT, kami mengajak Bapak/Ibu sekalian, kaum muslimin dan muslimat untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Qurban untuk menyisihkan sebagian dari rezki dan nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkannya.

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”  (QS. Ibrahim : 7)

“Sungguh, tiada balasan bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula, maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman : 60-61)

Jazakumullaahu khairan katsiira.

Billaahittaufieq wal Hidaayah.
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.


Tangerang, 13 Oktober 2009 M / 23 Syawal 1430 H
Panitia Iedul Qurban




Sukisno                          J a j a
    Ketua                                                   Sekretaris


Mengetahui



Abu Asyirin                        Hartawan
Ketua DKM Al – Kautsar                    Pembina






SUSUNAN PANITIA


Ketua Pelaksana            :     Sukisno

Sekretaris                :     J a j a

Bendahara                :     Yayat Hidayat       
Agus S.

Seksi Acara                :     Suharno K.D.       
Farhan
                         Ijang Suherman   
Kurnayat

Seksi Dokumentasi            :     Ukan Sukandar

Seksi Konsumsi            :     Nurhadi   
    Sadri

Seksi Perlengkapan            :     Suharno     ( Mekanik Press )
                        Sukri         ( Poles )
                        Tego P        ( Sortir Poles )

                   





































Daftar nama yang menyerahkan hewan qurban


NO    N A M A    BAGIAN
    KETERANGAN
1    DKM Al - Kautsar        2 ekor kambing
2    Bp. Hartawan    M R    1 ekor kambing
3           
4           
5           
6           
7           
8           
9           
10           
11           
12           
13           
14           
15           
16           
17           
18           
19           
20           
21           
22           
23           
24           
25